jam

Kamis, 08 September 2011

KISAH DAN POTRET GUNUNG CIREMAI

Add captionfgg

Lebaran pun telah tiba seperti biasa saya sempatkan untuk pulang ke kampunghalam saya trcinta tasikmalaya ,Tepatnya hari jumat di lebaran ketiga kamipun sekeluarga berangkat rame-rame pada pukul 7 malam ,dan kami pun mulai memulai perjalanan dari daerah kebagusan dengan semangat dan suasana kekeluargaan tak lupa teman alm adik saya pun ikut dia bernama anisa sitimariam dia adalah teman dekat selama di jakarta dan di bangku kuliah ,kami pun tak segan mengajak beliau karena kami yakin ibu sayapun bisa ikut gembira dan merasa ada ketika beliau menceritakan pertemanannya selama alam masih ada,begitu juga sayapun mengajak teman saya bernama Om kilut dia adalah teman yang selalu membawa alm jalan di jakarta dan menemani ketika dalam keadaan susah,yah bgtulah keakraban kami dengan teman-teman alm dan sudah kami anggap sebagai dulur atau bagain dari keluarga ,singat cerita akhirnya saya dan sekeluarga sampai juga di tasikmalaya tepatnya di kampung anto desa Margasari pada pukul 5 subuh setelah melalui kemacetan yang lama di nagreg hmmm alhamdulialh kamipun tiba dan bisa merasakan lagi suasana rumah di kampung halaman ,sayapun mengetuk pintu dan mengucapkan asalamualaikum ,,ohh dinginnya bulu-kakipun mulai naik dan sayapun langsung melihat kolam ikan punya ibu saya ,ohh ikannya ternyata masih banyak juga,kemudian sayapun bergegas untuk melaksanakan solat subuh dulu karna matahari belum terbit,,wuihhh udaranya sungguh dinginn dan sesudah itu sayapun merasa capek dan ngantuk berat ooh maap pembaca sayapun harus tidur dulu karna kelelahan .sttt

sayapun terbangun kira-kira jam sembilan rupanya kakak saya sudah duluan bangun dia sudah menyiapkan sarapan pagi kopi,dan kak saya yang satu lagi bersama keponakan saya lg mengasih makan ikan,tapi tidak dengan abang saya karna dia menyetir mobil masih ngorok bersama om kilut ,saya pun mulai melihat lihat kamar alm begitu banyak kenangan yang saya rasakan suasananya sungguh tak akan pernah hilang walaupun sudah lama saya tak memasuki kamarnya poto-poto yang mengantung buku pelajaran ,karya-karya seni yang beliau buat sunngguh menusuk hatii dengan rasa kangen tingkat tinggi ingin rasanya meneteskan air mata tapi apa daya karna saya sudah iklas .

sayapun meliat gitar listrik pembelian kk saya yang ternyata masih bisa di pake sambil iseng sayapun membersihkan debu-debu yang menempel di gitar dan di salon ,mulailah saya memainkan lagu-lagu gak jelas sambil mengingat memeori-memori hidup dari kecil samapi umur sekarang di temani secangkir kopi sambil melihat pemandangan pesawahan dekat rumah ,ohh subhanalooh sejukk sekaliiii yang saya rasakan ,ibu sayapun tak kalah sigap dialah ibu yang berjuang membesarkan saya ,menyekolahkan saya hingga akhirnya sayapun masih bisa bertatap muka dan bermaap-maapan di bulan suci ini,oh akaupun mulai berfikir terbawa suasana melihat ibu yang tegar luar biasa sungguh saya belum bisa membahagiakan ibu saya ,apa yang saya lakukan mungkin selalu menyakiti hati ibu tercinta ,sadarkah kita,? sunnguh saya tak kuasa jika harus kulanjutkan begitu banyak dosa-dosa yang telah ku perbuat,ohh rupanya Hp sayapun begetar menandakan adanya pesan singkat dari teman yang katanya akan datang ke rumah saya dan kamipun sudah lama tak berjumpa ,2 jam kemudian kira-kira pukul 2 petang teman sayapun datang kerumah ah dengan rasa gembira sayapun menyambut ke rumah dan mempersilahkan mereka makan kue-kue olahan lebaran,hee kamipun bercerita panjang mulai dari pengalaman hidup ,mengenang masa-masa sma,menceritkana teman-teman akrab yang hilang tak ada kabar,ohh sungguh suasana yang hangat ,tak pernah saya rasakan sebelumnya tapi moment ini hanya saya rasakan ketika pualang kampung dan bertemu dengan teman seperti ini.

tak lama kemudian teman dekat sd pun datng juga kerumahh ohh sunnguh kursi tempat dudukpun tak terasa penuh sampai sayaun duduk di teras tapi tak apalah semua ini jarang terjadi ,hee kadang teman saya tertawa-tertawa sendiri krna mungkin meliat rambut saya yang agak gondrong terus diapun menanayakan kenapa kmu gondrong beng,sayapun bilang kebanyakan tugas kuliah makalum anak seni merekapun tertawa polos heee,sayapun ikut merasakan suasan ini tertawa juga akhirnya ,terus sayapun meliat muka-muka mereka yang tak jauh beda dari dulu namun mereka sepertinya keliatan lebih kusut dan berjerawat tapii sayapun tak berani mengucapkan ,saya pun menanyakan lagi musim apa di kampung ini merekapun menjawab musim kemarau dan memang berpengaruh terhadap kulit yang mengakibatkan pecah-pecah ,mungkin juga mereka terlalu sering naik motor panas-panas tanpa memakai helm,hee

sayapun menanyakan kabar pacar-pacar mereka mereka menjawab dengan polos aww mah loba angsal daekna heeee,mereka bilang perempuan di kampung banyak tinggal niatnya saja,tapi saya meliat keanehan di muka teman saya bernama ian,di taun kemaren setiap saya pualang kampung wajahnya selalu berseri dan penuh semangat tetapi sekarang berbeda kini dia keliatan kusam dan diam seribu bahasa  tak kelur kata-kata sayapun mulai memahami suasana hatinya rupanya dia sudah bersetatus jomblo lagi karena saya dengar kabar dari teman saya bahwa pacarnya yang di bandung telah mempunyai pacar lagii ohh sungguh tragis padahal mereka berpacaran selama bertahun-tahun tapi mungin yang namnay jodoh sudah di atur tuhan kita tinggal bertawekal ,kemudian sayapun menayakan teman saya yang bernama dede kabarnya dia kerja di Bogor sebagai penjual kerupuk tapi keliatannya si dede ini makin besar saja badannya makin tegap mungin pengaruh pekerjaannya juga yang cukup memakan tenaga ,ada pula teman saya yang bernama aang katanya dia kerja di cikarang namaun saya tak sempat menanyakan pekerjaannya apa tapi rupanya gayanya sudah nampak ambutnya dia di pikok merah sehingga teman sayapun meldeknya rambutnya katanya menyala seperti api..heeee,kamipun tertawa lepas di ruangan tamu sempit itu ,

Tak lama kemudian teman sayapun sewaktu SMA  datang juga waduhhh ruang tamu makin sempit saja nh,heee dan diapun mulai menyandarkan tangannya untuk berlebaran teman saya yang ini adalah teman di jakarta dan teman seperjuangan dia sudah pulangkampung duluan 2 minggu lebih awal sebelum lebaran sayapun menanyakan kabar teman saya ini dan dia dalam keadaan baik saja ,tak terasa sayapun hanya ngobrol bersama teman saya yang satu ini hingga mengakibatakan ke betean pada teman-teamn saya yang lain akhirany merekapun merasakan Bt tingkat tinggi dan akhiranya merekapun berpamitan saya merasa jadi gak enak karena menganggurkan temn saya itu hee,,

dan akhirnya tinggal kami bertiga di ruangan tamu itu yaitu hafid, dan iif ,sayapun ajak mereka jalan karna saya ada kamera punya kaka sayang jika samapai di lewatkan dan kamipun sepakat sehabis ashar kita berangkat sambil mengisi kekosongan sayapun mengajak teman saya bermain gitar listrik biar dia gak bt ,rupanya asar telah memanggil waktunya sholat dan sayapun mengajak mereka berjaah tapi mereka menolak mereka lebih memilih sendiri-sendiri saja ,kemudian ketika kami sudah siap  kamipun besegera berangkat mencari pemandangan yang lumayan bagus ,dan sayapun teringat tempat yang yang sanagat bagus buat di jadikan bahan objek ya namnya situ cipondok situ itu adalh tempat saya bermain waktu saya kecil bersama teman -teman,dan kamipun sepakat berangkat ke tkp,sesampainya di sana sayapun meliat situ tersebut,ohh ternyata situnya tak seindah dulu lagii pohoonya sudah gundul dan airnya juga sudah berlumut sayapun tidak terlalu jauh memotret hanya di area persawahann saja ,rupanya sawahnya juga masih baru tandur masih pendek jadi kurang mantap pemandangannya tapiii saya pun meliat gunung ci remaii yang dari dulu tak pernah hilang ke indahhnya gunung ini mungkin punya cerita tersendiri dalam hidup saya,dalam impian saya ohh subhanaloh bagus sekali padawaktu itu jam menunjukan pukul 5 sore matahari lagi terbenam sayapun mulai memotrett mungkin inilah yang saya dapat potret maklum potografer amatiran ,seudah saya potret kamipun becanda potret gaya-gaya alay,dan sayapun mengajarkan mereka cara memakai kamrea ini karean maklum kami berpoto bergantian ,

sayapun sempat juga bertemu dengan pemilik saya saya sudah cukup kenal dengan mukanya tapi lupa lagi namanya sayapun menyapa dan berjabat tangan ,sunnguh orang yang polos,ramah dan baik ,kamipun memohon maap telah berpoto di area pesawaahhnya ,dan sebagain ucapan terimakasih sayapun memotret beliau ,rupanya waktu sudah mau malam dan suara adzan magribpun terdengar ,tapi hal jarang terjadi lagi sayapun di pertemukan dengan teman sewaktu sma lagi dia adalah dasep dan yuyud ,dasep adalah ketua osis pada waktu sma tapi melihat penampilaanya sekarang dia sudah berubah memakai baju putih berpeci putih berjenggot seperti ustad dan saya dengar dia meneruskan masantren setelah lulus sma saya pun merasa segan dengan beliau ,tak jauh berbeda dengan yuyud diapun berpakaian putih yangan pendek ,bercelana putih pula tapi sepertinya dia bukan ustad tapi dia meneruskan kuliah di akdemi perbidanan tasik mengambil d3 dan sayapun bertanya ternyata dia sudah magang di puskesmas di daerah kecamatan tepatnya di lambau .syapun mengucapkan sukurlah kalo begitu bangga juga meliat teman-teman mempunyai kemajuan suasanapun semakin gelap sudaahh saatnya sayapun bergegas pulang bersama kerumah .ok sekian dulu cerita saya sebenarnya masih ada cerita yang tak sempat saya ceritakan karna keterbatasan fikiran saya ,terimakasih asalamuiakm wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar